Selasa, 20 Maret 2012

SEHAT TANPA KOLESTEROL DAN ASAM URAT


Kolesterol - Gejala dan Menurunkan Kolesterol - Kolesterol sebenarnya bukanlah penyakit, melainkan zat lemak yang dikenal dengan istilah lipid yang ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Selain itu Kolesterol juga sering diidentifikasi sebagai jenisi khusus lipid yang disebut steroid yang memiliki struktur kimia khusus yang terdiri dari 4 cincin karbon.

Sebenarnya kolesterol juga berguna bagi tubuh manusia apabila masih dalam batas ambang normal. Kolesterol yang disebut sebagai High Density Lipoprotein (HDL) berfungsi sebagai pelindung pembuluh darah dari proses aterosklerosis, yaitu pembuat plak yang terdapat pada dinding pembuluh darah.

Batas kolesterol pada ambang normal berada pada ukuran 160-200mg. Namun bila kadar kolesterol meningkat diatas 240mg, maka hal ini dapat dikategorikan sebagai kolesterol tinggi dan dapat memicu penyakit jantung atau stroke.

Gejala Kolesterol Tinggi

Kadang kala bagi sebagian orang memiliki kadar Kolesterol tinggi tidak menunjukkan gejala. Biasanya oleh sebab keadaan seperti ini membuat kadar kolesterol seseorang tidak dapat terkontrol sebelum memeriksakan darah di laboratorium dengan kandungan kolesterol yang kemudian diketahui sudah berada diambang batas normal.

Bagi sebagian orang lainnya, gejala kolesterol tinggi akan terasa dengan timbulnya berbagai keluhan tertentu, seperti sendi terasa sakit, merasakan vertigo atau migrain yang sering kambuh.

Untuk memastikan kadar kolesterol berada pada batas normal ataupun malah sebaliknya, maka salah satu cara paling baik dilakukan adalah melakukan tes darah di laboratorium. Meski demikian kadar normal kolesterol pada setiap orang tidaklah sama. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap kadar kolesterol normal seseorang, dipengaruhi oleh berbagai kondisi, misalnya usia, riwayat penyakit, dan seberapa besar faktor risiko yang ia miliki.

Cara Menurunkan Kadar Kolesterol

Berikut ini merupakan beberapa cara yag bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol.
  • Jangan memakan kuning telur, cukup bagian putihnya.
  • Sarapan pagi dengan havermurt.
  • Minum susu sapi tanpa lemak.
  • Sayuran yang ditumis atau jadi lalapan. Ingat, jangan mengonsumsi sayur yang dimasak dengan santan.
  • Makanlah daging ayam atau bebek tanpa kulit atau pilih saja daging kelinci.

Berikut ini merupakan beberapa makanan yang harus dihindari.
  • Sosis, keju, dan susu berlemak tinggi.
  • Mentega dan aneka gorengan. Jika ada, gunakanlah minyak zaitun atau minyak canola.
  • Kerang, kepiting, udang, siput, dan belut, karena kandungan kolesterolnya tinggi.
  • Daging berlemak, seperti gajih sapi dan gajih kambing.
Selain makanan yang harus dihindari, ada makanan yang benar-benar pantang dimakan karena kandungan kolesterolnya sangat tinggi.
  • Otak sapi.
  • Kuning telur.
  • Cumi.
  • Telur puyuh.
  • Kolesterol memang dapat diturunkan dengan cara makan yang benar serta olah raga teratur sesuai target yang hendak dicapai. Olah raga yang dilakukan untuk menurunkan kolesterol biasanya berhubungan dengan kardio, seperti aerobik, lari, atau treadmill yang dilakukan 3 hingga 5 kali dalam satu minggu. Hal penting lainnya adalah tidak merokok dan tidak meminum alkohol.

    Makanan Penurun Kolesterol

    Ada beberapa makanan yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau Low-Density Lipoproptein (LDL). Berikut jenis makanan yang dapat menurunkan kadar kolesterol.

    1. Kacang-kacangan

    Kacang merupakan sumber serat larut yang begitu tinggi, di mana serat larut mampu mengurangi kadar kadar kolesterol. Oleh karena itulah, makam kacang-kacangan (buncis, kacang merah, dan kacang panjang) dengan rutin selama enam minggu dapat mengurangi kacang kolesterol sebanyak sepuluh persen.

    2. Alpukat

    Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang mampu meingkatkan level HDL. Namun sayang, alpukat bersifat tinggi kalori sehingga harus dicampur dengan sayur-syuran penekan kalori. Sebuah alpukat dengan ukuran sedang memiliki 300 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh. Sementara itu, kebutuhan normal tubuh manusia yaitu 1.800 kalori dan 30 gram lemak tak jenuh setiap harinya.

    3. Ikan Salmon

    Kandungan asam Omega-3 yang ada dalam ikan salmon sangat baik menurunkan LDL dan trigiserilda serta meningkatkan HDL. Selain itu, EPA dan DHA yang ada dalam ikan salmon sangat baik untuk kesehatan jantung. The American Hearth Association menyarankan sedikitnya dua porsi per minggu untuk memperoleh khasiat yang maksimal. Selain ikan salmon, konsumsi lainnya yang juga baik, seperti tuna, trout, sarden, makerel, dan hering.

    4. Bawang Putih

    Bawang putih diyakini mengandung banyak zat yang baik untuk kesehatan manusia sejak ribuan tahun yang lalu. Orang-orang Mesir Kuno manggunakan bawang putih untuk meningkatkan stamina. Di zaman modern, bawang putih dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol, melindungi tubuh dari infeksi, mencegah pembekuan darah, dan menurunkan tekanan darah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa bawang putih dapat mencegah partikel kolesterol menempel di dinding pembuluh darah.

    5. Kacang Kedelai

    Kacang kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, susu kedelai, dan tepung kedelai, di dalamnya mengandung isoflavon (zat yang mampu menekan LDL). Namun, tahu dan tempe mungkin saja tidak efektif menurunkan kolesterol jika diolah secara sembarangan. Contohnya, digoreng dengan minyak jelantah atau dicampur dengan santan karena santan dan minyak goreng merupakan sumber lemak jenuh. Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mnegatakan bahwa untuk menurunkan kolesterol, konsumsilah minimal 25 gram protein kedelai setaip harinya.

    6. Mede, Almon, dan Kenari

    Kandungan lemak tidak jenuh tunggal dalam kacang mede, almon, dan kenari, sangat baik untuk kesehatan jantung karena rendah lemak. Ketiganya mengndung vitamin E, magnesium, dan phytochemical yang berhubungan erat dengan kesehatan jantung. Namun, kcang-kacangan ini sangat tinggi protein, sama seperti alpukat.


    7. Margarin

    Beberapa jenis margarin ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol, seperti margarin dari minyak biji bunga kanola.

    8. Bayam

    Bayam adalah sayuran yang banyak mengandung lutein, yaitu zat penting yang dapat menjaga kesehatan dan ketajaman fungsi mata. Lutein pun dapat menjaga kesehatan jantung karena mampu mencegah lemak menempel pada pembuluh darah. Oleh sebab itu, diajnurkan mengonsumsi bayam setengah mangkuk setiap harinya untuk memperoleh hasil yang maksimal.
·         8 Makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol Jahat, Jika anda sedang berusaha menurunkan kolesterol Jahat dalam tubuh anda, mungkin postingan saya kali ini dapat membantu anda untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda.
·         Kolesterol jahat dalam tubuh anda memang dapat berakibat buruk bagi anda karena dapat memicu berbagai macam penyakit seperti hiper tensi, diabetes dan jantung. Namun Anda jangan khawatir karena menurut American Heart Association (AHA), Anda bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda dengan cara memakan makanan yang sehat.
·          
·         Berikut ini ada 8 Makanan terbaik untuk menurunkan kolesterol Jahat  :
·          
·         Anggur merah
·         Anggur merah dapat menurunkan kolesterol jahat pada tubuh anda. Menurut penelitian, buah anggur merah yg digunakan untuk membuat Red Wine mempunyai efek penting dalam menurunkan kolesterol jahat. 
·          
·         Oat
·         Sepertinya anda perlu membiasakan diri untuk mengkonsumsi Oat setiap hari jika ingin menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh anda. Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi dua porsi oat setiap hari bisa menurunkan kolesterol jahat sebesar 5,3% hanya dalam 6 minggu. Karena Oat mengandung zat yg disebut beta glukan, yg bisa menyerap kolesterol jahat.
·          
·         Ikan salmon
·         Jenis jenis ikan seperti ikan salmon, ikan sarden, dan ikan herring dapat membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik sebesar 4 % dan mengandung asam lemak omega 3 sehingga dapat menjaga kadar kolesterol agar tetap terkendalin dan dapat mencegah penyakit jantung dan stroke. 
·          
·         Kacang-kacangan dan biji-bijian
·         Menurunkan kolesterol dengan kacang kacangan. Kacang merah, Kacang hitam, dan kacang pinto adalah jenis kacang yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi sepertiga dari kebutuhan serat harian Anda. Lemak tak jenuh yg ditemukan pada  kacang & biji bijian memiliki molekul asam lemak paling rendah dan merupakan yg terbaik di antara 3 jenis lemak, yaitu lemak jenuh ganda, lemak jenuh & lemak tak jenuh  tunggal. Kacang kacangan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sebesar 8%. 
·          
·         Teh
·         The dipercaya dapat mengikis lemak dan menurunkan kolesterol jahat. Teh memiliki antioksidan dan kandungan kafein lebih sedikit daripada kopi. Dalam secangkir kopi mengandung sekitar 135 miligram kafein, sedangkan teh hanya mengandung 30 - 40 miligram. Kandungan phytocemical dlm teh jga dapat membantu melindungi tulang. Senyawa tersebut juga berperan sbg pertahanan besar terhadap kadar kolesterol jahat (kolesterol LDL)
·          
·         Cokelat hitam
·         Cokelat hitam memiliki kandungan antioksidan yang banyak dan mempunyai peran untuk mengurangi kolesterol. Pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan antioksidan pada cokelat hitam dpt mengurangi kerusakan pada pembuluh darah yg dapat mengancam kesehatan orang dengan sirosis (penyakit hati kronis). Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi 100 gr cokelat hitam setiap hari dlm membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sebesar 21%.
·          
·         Bayam
·         Sayur Bayam mengandung sekitar 13 senyawa flavonoid yg menjauhkan Anda dari kanker, penyakit jantung, & osteoporosis. Beberapa literatur menyebutkan, mengkonsumsi sayuran yang kaya kandungan lutein ini akn menjaga kita dari serangan jantung.
·          
·         Minyak zaitun (olive oil)
·         Minyak zaitun (olive oil) memiliki banyak manfaat kesehatan. Asam lemak tak jenuh tunggal pada Minyak zaitun dapat melindungi jantung karena dapat menurunkan kolesterol, trigliserida, dan kolesterol LDL (jahat), tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.
·         Anda dapat menurunkan kolesterol tanpa obat dengan mengikuti beberapa langkah dasar yang tidak hanya akan mengubah pola makan anda, tetapi juga meningkatkan kesehatan anda hari ini dan di masa depan.
·         Banyak orang berpendapat bahwa mengkonsumsi obat eceran dapat meneyembuhkan kolesterol. Dampak yang terjadi dari masalah di atas adalah baik dalam jangka pendak saja, tetapi efek samping dari obat tersebut di kemudian hari. Yang benar adalah dengan cara mengatur dan menjaga pola makanan yang kita makan.
·         Seiring waktu, kolesterol tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit yang dapat mengakibatkan kondisi jantung dan arteri tidak berfungsi lagi. Sedikit di antaranya adalah aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), stroke atau serangan jantung.
·         Berikut adalah 4 langkah yang dapat anda pelajari untuk mencegah penyakit diatas:
·         1. Mengkonsumsi makanan sehat: Mungkin telihat sangat sederhana, tetapi diet memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan kolesterol yang menjadi faktor penentuan. Diet rendah kolesterol dan rendah lemak adalah langkah pertama yang dapat membantu menyembuhkan koresterol anda.
·         2. Meningkatkan kesehatan jantung :  langkah untuk membalikkan efek dari kolesterol tinggi. Latihan itu sendiri tidak secara langsung dapat menurunkan kolesterol, tetapi akan memperkuat jantung dan sistem peredaran darah keseluruhan.
·         3. Jika anda merokok, maka plak dapat menghalangi aliran darah ke jantung, otot harus bekerja lebih keras untuk mendapatkan oksigen. Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung. Jika syaraf arteri benar-benar diblokir dengan oleh plak dari kolesterol tinggi, maka akan terjadi stroke.
·         4. Stres yang teramat kronis dapat mempengaruhi kadar kolesterol. Anda dapat menurunkan kolesterol anda dengan diet dan olahraga, dan di bawah perawatan dokter anda.
·         Tidak butuh waktu lama untuk melihat peningkatan signifikan dalam kolesterol anda. Kolesterol rendah dapat anda tangani hanya dalam hitungan minggu.
·         Cara menurunkan kolesterol tinggi akan saya uraikan di artikel ini. Untuk menurunkan kolesterol tinggi, maka prilaku hidup sehat lah kuncinya.
·         Kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung. Memang dengan obat, anda bisa menurunkan kolesterol tinggi tetapi obat tidak selalu menjadi hal yang efektif. Seberapa besar efek sampingnya terhadap hati? Apa untuk menurunkan kolesterol tinggi, dokter atau ahli merekomendasikan obat? Sebenarnya, ada cara yang lebih efisien dan efektif untuk mengatasi kolesterol tinggi, kenapa tidak melakukannya? Yaitu dengan mengubah gaya hidup.
·         Cara yang paling tepat untuk menurunkan kolesterol tinggi adalah dengan mengubah gaya hidup. Anda dapat mencoba lima perubahan gaya hidup sehat sederhana berikut. Anda juga dapat meningkatkan efektifitas dalam menurunkan kolesterol tinggi dengan juga mengkonsumsi obat.
·         Menurunkan berat badan
·         Anda dapat menurunkan kolesterol bila anda bisa membuat berat badan anda turun 2 – 5 kg. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat/mengatur kebiasaan anda setiap hari, baik itu kebiasaan makan maupun rutinitas.
·         Mengkonsumsi makanan yang sehat untuk jantung
·         Memilih makanan yang sehat adalah cara menurunkan kolesterol tinggi yang cukup efektif. Sebagai contoh rencana yang bisa anda ikuti :
·         Lemak yang anda konsumsi adalah lemak sehat. Lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging dan produk susu, meningkatkan kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL) kolesterol, dimana kolesterol ini termasuk yang “jahat” bagi tubuh.
·         Membatasi Kolesterol Yang Ada Dalam Makanan.
Pilihlah menu makan yang kaya asam lemak omega -3.
·         Melakukan latihan atau olahraga.
·         Kelebihan berat badan atau tidak, olahraga dapat dipakai sebagai cara menurunkan kolesterol tinggi. Olahraga juga dapat merangsang pembentukan kolesterol yang baik dalam tubuh (high – density lipoprotein). Aktivitas fisik yang ringan dapat membantu, tidak harus berolahraga yag berat, namun catatan penting yaitu “rutin”.
·         Bila anda merokok, maka berhentilah merokok.
·         Ketika anda berhenti merokok maka kolesterol baik (HDL) akan meningkat. Masih ada lagi manfaat lain dari berhenti merokok. Hanya 20 menit anda berhenti merokok, maka tekanan darah anda akan berhenti. Dalam waktu 24 jam, resiko dari serangan jantung menurun. Dan dalam waktu 1 tahun, resiko terkena serangan jantung akan berkurang setengah dari waktu yang dihabiskan bila digunakan untuk merokok. Dalam waktu 15 tahun, risiko penyakit jantung mirip dengan seseorang yang tidak pernah merokok! Dibuktikan saja.
·         Hentikan minum – minuman beralkohol.
·         Minum minuman beralkohol berhubungan dengan tingginya tingkat kolesterol. Berhenti minum alcohol seperti halnya berhenti merokok mungkin merupakan cara menurunkan kolesterol tinggi yang rumit bagi mereka yang sudah terbiasa dengan pola hidup seperti itu. Namun jika hal ini dapat dilewati, minimal diminimalisir, ini akan menjadi hal yang baik untuk efek yang jangka panjang.
Menurut laporan terbaru yang dilansir Times of India, wanita lebih mudah mengalami gangguan jantung, terutama mereka yang hidup di kota besar. Seperti yang kita ketahui, pria sebenarnya lebih banyak yang mengalami gangguan jantung, namun mengapa riset terbaru bisa melaporkan sebaliknya?

Hal ini didapat dari meningkatnya tingkat kolesterol dari wanita yang melakukan tes kesehatan berkala. Bahkan 33% dari wanita yang melakukan tes terungkap memiliki kadar kolesterol yang mengkhawatirkan. Masih dalam perayaan hari jantung sedunia 29 September lalu, kami akan memberikan cara diet yang mudah untuk menurunkan kadar kolesterol.

1. Diet Serat Tinggi
Dr Bhuvaneshwari Shankar, ahli diet dari rumah sakit Apollo di India menyarankan untuk makan buah-buahan dan sayuran lebih banyak. Makanan ini bisa meningkatkan gerakan usus pencernaan dan menurunkan kadar kolesterol. "Serat dapat menyerap kolesterol buruk (LDL) yang berlebihan dalam darah dan membuangnya. Anda bisa juga makan bubur gandum karena mereka memiliki fungsi yang sama," ujarnya menambahkan.

2. Kolesterol Baik
Idealnya kolesterol jahat (LDL) harus rendah dan kolesterol baik (HDL) yang tinggi agar terhindar dari penyakit jantung. "Makanlah makanan yang kaya kandungan lemak Omega-3. Satu bawang sehari bisa menurunkan kadar kolesterol. Dr Shankar juga menyebutkan bahwa kandungan lemak Omega-3 bisa diperoleh dari ikan dan buah kering.

3. Daging Murni
Pastikan saat mengonsumsi atau memasak daging merah, Anda menyingkirkan bagian lemaknya. Selain mengurangi asupan lemak yang menggemukkan tubuh, kolesterol jahat pun berkurang. "Jika Anda rutin makan daging merah, mintalah bagian daging yang rendah lemak," ujar Dr Purwa Uggal, ahli diet asal Mumbai.

4. Stop Alkohol
Banyak minuman alkohol yang memabukkan dan tidak baik untuk kesehatan ginjal, namun lain halnya dengan red wine. "Wine merah terbukti menurunkan kadar LDL dan menjaga kesehatan jantung," ujar Dr Duggal. Jadi pilihlah minum red wine saat menghadiri pesta ketimbang cocktail ataupun minuman beralkohol lainnya. Namun pastikan Anda memiliki kontrol penuh saat meminumnya, jangan sampai kebablasan.

5. Protein Tinggi
Diet yang baik ditunjang dengan asupan protein yang tinggi namun tidak berlebihan. "Lipoprotein dapat membantu menurunkan kolesterol buruk LDL di tubuh, sekaligus menaikkan kadar HDL. Hal ini akan mengurangi rsiko penyakit jantung," ujar Dr Shankar.

6. Karbohidrat Rendah
Agar jantung tetap sehat, hindarilah makan karbohidrat tinggi. Saat karbohidrat tinggi ada dalam tubuh, glukosa pun naik dan meningkatkan risiko diabetes. Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter mengenai diet karbohidrat ini.

7. Buang Air Rutin
Orang sering mengira tubuhnya mengalami gangguan padahal makanannya cukup dan bergizi. Ada hal yang terlupakan, yakni buang air. Saat tubuh dimasuki makanan, maka ia pun harus seimbang dalam pengeluaran. Dalam beberapa kasus, tidak lancar buang air besar akan mengganggu penyerapan gizi dan menimbulkan migrain.

8. Olahraga Teratur
Apalah artinya makan yang sehat jika tidak diimbangi dengan keluarnya keringat. Berolahraga akan memacu jantung untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh, membakar kalori dan membantu pengeluaran racun lewat keringat.
Penyakit asam urat adalah jenis artritis yang sangat menyakitkan yang disebabkan oleh penumpukan kristal pada persendian, akibat tingginya kadar asam urat di dalam tubuh. Sendi-sendi yang diserang terutama adalah jari-jari kaki, dengkul, tumit, pergelangan tangan, jari tangan dan siku. Selain nyeri, penyakit asam urat juga dapat membuat persendian membengkak, meradang, panas dan kaku.
Sekitar 90% penyakit asam urat disebabkan oleh ketidakmampuan ginjal membuang asam urat secara tuntas dari tubuh melalui air seni. Sebagian kecil lainnya karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan. Penyakit asam urat kebanyakan diderita oleh pria di atas 40 tahun dan wanita yang telah menopause. Penderita asam urat biasanya juga memiliki keluhan lain seperti tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, diabetes dan aterosklerosis. Separuh dari penderita asam urat adalah orang yang kegemukan. Bila dibiarkan, penyakit asam urat bisa berkembang menjadi batu ginjal dan mengakibatkan gagal ginjal.
Pantangan Asam Urat
Daftar
Makanan Tinggi Purine
Makanan
Asam Urat
(mg/100g)
Teobromin (kafein cokelat)
2300
Limpa domba/kambing
773
Hati sapi
554
Ikan sarden
480
Jamur kuping
448
Limpa sapi
444
Daun melinjo
366
Paru-paru sapi
339
Kangkung, bayam
290
Ginjal sapi
269
Jantung sapi
256
Hati ayam
243
Jantung domba/kambing
241
Ikan teri
239
Udang
234
Biji melinjo
222
Daging kuda
200
Kedelai & kacang-kacangan
190
Dada ayam dg kulit
175
Daging ayam
169
Daging angsa
165
Lidah sapi
160
Ikan Kakap
160
Tempe
141
Daging bebek
138
Kerang
136
Udang Lobster
118
Tahu
108
Perubahan gaya hidup, konsumsi obat tertentu dan menghindari makanan yang berkadar purin tinggi dapat mengendalikan asam urat. Berikut adalah makanan tinggi purin yang menjadi pantangan bagi penderita asam urat. (Ingat bahwa masing-masing orang memiliki sensitivitas yang berbeda terhadap makanan. Makanan yang sangat cepat menimbulkan serangan asam urat pada satu orang belum tentu menimbulkan efek yang sama pada yang lainnya).
  • Alkohol dan soft drink
  • Melinjo dan emping
  • Kacang-kacangan
  • Jamur, bayam matang, dan sawi
  • Daging kambing
  • Jeroan dan gajih (lemak)
  • Kerang-kerangan
  • Bebek dan kalkun
  • Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, dan beberapa ikan lainnya
  • Krim dan Es krim
Anjuran
Beberapa hal berikut dianjurkan untuk mengurangi asam urat:
  • Jangan minum aspirin (bila membutuhkan obat pengurang sakit, pilih jenis ibuprofen dan lainnya)
  • Perbanyak minum air putih– terutama bagi penderita yang mengidap batu ginjal– untuk mengeluarkan kristal asam urat di tubuh.
  • Makan makanan yang mengandung potasium tinggiseperti:
    • Sayuran dan buah-buahan
    • Kentang
    • Alpukat
    • Susu dan yogurt
    • Pisang
  • Makan buah-buahan kaya vitamin C, terutama jeruk dan strawberry
  • Aktif secara seksual(Berita bagus! Seks ternyata memperlancar produksi urin sehingga menurunkan kadar asam urat).
  • Konsumsi salah satu produk alami yang dapat menyembuhkan asam urat seperti sidaguri, habbatussauda, brotowali, teh hijau, dll.
Penyakit asam urat di sebabkan  tingginya kadar asam urat dalam darah akibat gangguan metabolisme protein purin.
Normalnya, Nilai asam urat bagi wanita 2,4 – 6, untuk pria 3,0 – 7
Adanya peningkatan asam urat darah lainnya yaitu Terdapat kristal urat yang khas dalam cairan sendi, Terdapat tofus yang telah dibuktikan dengan pemeriksaan kimia, Terjadi lebih dari satu kali serangan nyeri di persendian, Adanya serangan di satu sendi, terutama sendi ibu jari kaki Sendi tampak kemerahan, Adanya pembengkakan tidak simetris di satu sendi,Tidak adanya bakteri saat terjadi serangan dan peradangan.
Gejala Asam Urat biasanya ditandai dengan Kesemutan dan linu,Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur,Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.

Untuk menyembuhkan penyakit ini ada bebrapa hal yang harus dilakukan, antara lain :
  1. Menghindari makanan yang dapat meningkatkan asam urat, seperti Jeroan (hati,ginjal,limpa,babat, usus, paru dan otak) ,Hindari Makanan laut: udang,kerang, cumi, kepiting. Makanan kaleng: kornet, sarden dan ekstrak daging,Telur, Kaldu atau kuah daging yang kental.hindari juga makanan emping, melinjo, kangkung dan bayam,Daun Singkong,Daun Jambu Mete,Asparagus,Buncis dan Kembang Kol.Hindari kacang-kacangan :Kacang Tanah, Kacang Hijau, Kacang Kedelai, Tempe, Tauco-,Tauge, Oncom-,Susu Kedelai.
  2. Menghindari makan buah durian,alpukat,nanas,air kelapa
  3. Hindari Minuman dan makanan beralkohol
  4. Pada orang gemuk, asam urat biasanya naik sedangkan pengeluarannya sedikit. Maka untuk keamanan, orang biasanya dianjurkan menurunkan berat badan.
  5. Banyak minum air putih,karena Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
Solusi untuk menangani masalah penyakit asam urat
Di Pulau Langkawi, Malaysia, teripang sohor sebagai obat nyeri sendi akibat asam urat. Kepada Trubus, ahli nutrisi Walter Kee Mun Yee alumnus Wisconsin University mengatakan teripang mengandung kondroitin sulfat dan glukosamin.
Kondritin sulfat berperan memulihkan penyakit sendi. Sedangkan glukosaminoglikan merupakan zat antithrombogenik pelancar peredaran darah yang menggumpal. Pada penderita asam urat, jumlah glukosamin dan kondritin sedikit.
Riset Dr Mittchell Kurk dari Pusat Revitalisasi Biomedis, New York, Amerika Serikat, menunjukkan teripang berkhasiat meningkatkan kesehatan fisik bagi 70% penderita radang sendi akibat asam urat. Ini akibat glukosamin merangsang tubuh mensekresikan cairan sinovial untuk lubrikasi persendian. Menurut dr Zen Djaja MD, dokter di Malang, Jawa Timur, satwa anggota famili Holothuriidae itu mengandung asam lemak 12-MTA alias metthyltetradecanoic acid.
Asam itu ampuh menghadang enzim 5-Lox atau populer sebagai lipoksigenase, enzim yang mengoksidasi lemak tak jenuh menjadi peroksida. Menurut dokter alumnus Universitas Katolik Atmajaya itu kolagen dalam teripang mengaktifk an enzim urikase sehingga lebih aktif memecah asam urat menjadi allantoin. Dengan demikian asam urat tidak menumpuk dan menimbulkan radang sendi. (trubus,Jumat, Oktober 10, 2008 07:14:12 )

Li Z, Wang H dan Zhang G dari Shanghai Institute of Hematology, Shanghai Second Medical University, China mengungkap teripang antipenggumpalan dan pembekuan darah. Itu lantaran adanya senyawa glikosaminoglikan. Pada konsentrasi 5 mikrogram/ml, glukosaminoglikan mampu menyembuhkan stroke iskemik otak dan penyakit jantung iskemik. Kinerjanya dengan menghambat aktivitas pembekuan darah melalui penghambatan monomer fibrin dan meningkatkan aktivitas plasmin. Plasmin, enzim pengurai protein plasma darah yang menurunkan kekentalan darah. Itu terjadi saat pelukaan sehingga darah membeku.
Teripang juga memperkokoh tulang dan sendi. Kandungan kondroitin sulfat mencegah pengeroposan sendi pembuat radang. Senyawa itu memperbaiki dan membangun kembali tulang rawan, pembentuk sendi yang terkikis akibat kecelakaan, benturan, dan kelebihan bobot badan tanpa efek samping. Itu sebabnya pemerintah Australia dan Selandia Baru mengizinkan penggunaan teripang sebagai penyembuh radang sendi dibanding obat-obatan kimia.
Tulang kuat karena ketersediaan kolagen dalam tubuh memadai. Menurut Prof Dr Ridzwan Hashim teripang mengandung 86% protein yang mudah diuraikan enzim pepsin. Dari jumlah itu sekitar 80% berupa kolagen. Itu sebagai pengikat jaringan dalam pertumbuhan tulang dan sendi. Dalam pertumbuhan tulang, suplemen kalsium saja tidak cukup lantaran tulang terdiri dari kalsium fosfat dan kolagen sebagai pengisi. Tanpa kolagen tulang menjadi rapuh dan mudah pecah. Sebaliknya bila tanpa kalsium, tulang akan kenyal seperti karet.
Jakarta, Nyeri, cenut-cenut, bengkak, kemerahan, rasa panas, kaku persendian adalah ciri-ciri terkena asam urat akibat proses pengeluaran kadar asam urat dalam darah tersumbat menjadi kristal.

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan penumpukan kristal asam urat di dalam jaringan ikat, yaitu ruang antara dua tulang atau di dalam tulang itu sendiri.

Asam urat akan mengkristal dan terkumpul di persendian, menyebabkan inflamasi (peradangan) dan pembengkakan yang merupakan tanda-tanda dan gejala klasik asam urat. Istilah medis untuk terlalu banyak asam urat di aliran darah adalah hyperuricemia.

Ada beberapa cara alami untuk menyingkirkan asam urat, seperti dilansir Livestrong, Rabu (16/2/2011):

1. Hindari makanan tinggi purin
Untuk mengontrol kadar asam urat, hindari mengonsumsi makanan tinggi purin, yaitu bahan kimia yang bertanggung jawab untuk pembentukan asam urat, seperti daging merah, makanan laut, daging organ dan beberapa kacang. Sayuran tertentu juga mengandung tinggi purin, antara lain bayam, asparagus, kacang polong, jamur dan kembang kol.

2. Hindari fruktosa dan soda
Batasi konsumsi soda Anda. Dalam artikel di Today Arthritis, peneliti menemukan pria yang minum lebih dari enam porsi soft drink dengan fruktosa tinggi setiap minggu, meningkatkan terjadinya asam urat. Fruktosa tidak hanya terdapat pada soda tetapi beberapa buah, seperti duren serta minuman manis lainnya.

3. Batasi alkohol
Alkohol dapat membuat tubuh dehidrasi, sehingga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi alkohol. Walaupun konsumsi minuman anggur tampaknya tidak mempengaruhi asam urat, namun tingginya kandungan ragi membuatnya sangat berpengaruh.

4. Mengurangi peradangan dengan buah
Untuk mengurangi konsentrasi asam urat, University of Maryland Medical Center menyarankan untuk menambahkan nanas, seledri, cherry, blueberry dan strawberry dalam menu Anda.

Bromelain yang ditemukan pada nanas, merupakan enzim pencernaan dengan sifat anti-inflamasi yang menghambat protein yang bertanggung jawab untuk peradangan. Seledri sebagai diuretik alami, juga membantu mengurangi peradangan.

5. Kurangi berat badan
Kenaikan berat badan merupakan faktor yang dapat mempertinggi purin. Dengan melakukan program berat badan secara bertahap dapat mencegah peningkatan asam urat.

6. Minum cukup air
Hidrasi tubuh yang optimal dibutuhkan untuk menghilangkan asam urat dari tubuh Anda. Air dapat mengencerkan kadar asam urat dalam darah dan merangsang ginjal untuk memberikan produk limbah ke kandung kemih.

7. Perhatikan pH darah
Menurut Medline Plus, kadar asam tinggi dalam darah, yang disebut asidosis, terkait dengan kadar asam urat tubuh. Kadar pH yang kurang dari 7 dianggap asam. Untuk menjaga tubuh tetap dalam kondisi basa, tambahkan apel, cuka sari apel, jus cherry dalam menu Anda.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar